Page 31 - 02_PKN_SMA_10_GANJIL_IKM
P. 31
3. Apakah kalian dapat menjalankan norma sosial-budaya yang
berlaku di sekitar kalian?
4. Apa kira-kira yang dapat kalian berikan jika salah satu/kelom- pok
manusia di negara lain mengalami kesulitan?
1. Sebagai peserta didik, kontribusi apa yang dapat kalian berikan
Sila 4
untuk menjaga persatuan di tengah kemajemukan bangsa?
2. Apa yang bisa kalian lakukan untuk menj aga keutuhan negara?
3. Apakah kalian dapat menempatkan produk dalam negeri sebagai
prioritas ketimbang produk luar negeri?
4. Apa yang dapat kalian lakukan jika salah satu dari teman kalian
terlibat tawuran dan permusuhan?
5. Apa yang bisa kalian lakukan untuk menciptakan ketertiban
dunia?
1. Apakah kalian pernah memberikan usul, pemikiran, dan saran
dalam suatu kegiatan musyawarah?
Sila 5 2. Apakah yang akan kalian lakukan jika usulan/ide kalian tidak
diterima dalam suatu kegiatan musyawarah?
3. Apa yang akan kalian lakukan jika keputusan musyawarah ti-
dak sesuai dengan apa yang menjadi kehendak kalian?
4. Apa yang akan kalian lakukan jika kalian menjumpai orang atau
sekelompok orang yang tidak mendapatkan hak-haknya
sebagai warga negara?
1. Bagaimana cara kalian agar hak dan kewajiban kalian, baik se-
Sila 2 bagai peserta didik, anggota keluarga ataupun generasi masa
depan bangsa, dapat dilaksanakan?
2. Apakah kalian dapat memberikan hukuman/sanksi yang se-
timpal, baik kepada teman dekat maupun kepada orang yang
tidak dikenal?
3. Apa yang dapat kalian lakukan untuk membantu teman kalian
yang secara ekonomi lebih rendah dari kalian?
4. Jika kalian laki-laki, apakah kalian dapat bersikap adil kepada
rekan kalian yang berjenis kelamin perempuan? Sebaliknya,
jika kalian perempuan, apakah kalian dapat bersikap adil ter-
Sila 3
hadap rekan kalian yang berjenis kelamin laki-laki?
160 PKN SD 4 GANJIL