Page 30 - 02_PKN_SMA_10_GANJIL_IKM
P. 30

Unit 2
                                   Penerapan Pancasila dalam Konteks Berbangsa
                                           “Seberapa Pancasilakah kamu?”

                  Coba kalian bayangkan, apa alasan kalian mengisi angka persentase tersebut? Sikap
                  dan  tindakan  seperti  apa  yang  kalian  lakukan  sehingga  kalian  menilai  diri  kalian
                                 mendapatkan angka tersebut?

                                     Kita sering kebingungan ketika diminta untuk menerapkan nilai-nilai
                                 Pancasila.  Padahal,  sebagaimana  kata  Soekarno,  Pancasila  bukan

                                 sesuatu yang asing bagi bangsa Indonesia. Sebaliknya, Pancasila digali
                                 dari  nilai  dan  tradisi  yang  dimiliki  oleh  bangsa  Indonesia.  Pancasila
                     Sila 1
                                 bukan  sekedar  dihafalkan.  Logo  Pancasila  tidak  cukup  hanya  di-

                                 cantumkan di surat-surat resmi kenegaraan, atau buku-buku. Lambang
                                 Garuda  tidak  cukup  hanya  dipajang  di  kelas.  Lebih  dari  itu,  nilai-nilai

                                 Pancasila harus kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari.
                                     Karena  itu,  ketika  melakukan  refleksi  apakah  kalian  menerapkan
                                 nilai-nilai Pancasila, maka pertama-tama kalian perlu memahami isi dari

                                 masing-masing  sila  tersebut.  Beberapa  pertanyaan  kunci  yang  dapat
                                 kalian refleksikan terkait dengan penerapan Pancasila dalam kehidupan
                                 sehari-hari.  Tentunya,  sejumlah  pertanyaan  lain  dapat  dikembangkan

                                 sesuai dengan makna dari masing-masing sila tersebut.
                                  1.  Apakah kalian telah menjalankan perintah agama/kepercayaan dan
                                     menjauhi larangan agama/kepercayaan?

                                    Perintah dan larangan di sini tidak hanya terkait dengan aspek ibadah
                                    atau ritual, melainkan juga perintah dan larangan dalam kehidupan

                                    sosial-bermasyarakat.
                                  2.  Apakah kalian dapat menghormati dan dapat bekerja sama dengan
                                     kelompok agama/kepercayaan yang berbeda?

                                  3.  Apakah  kalian  dapat  membantu  teman  kalian  yang  berbeda  aga-
                                     ma/kepercayaan dalam melaksanakan ibadah secara nyaman?

                                  4.  Apa peran yang dapat kalian berikan untuk menciptakan kerukunan
                                     antaragama/kepercayaan?
                                  1.  Apakah kalian dapat menempatkan bahwa setiap manusia, apapun

                                     latar belakang dan identitasnya, dalam posisi setara?
                                  2.  Apa yang telah dan akan kalian lakukan jika salah satu dari teman,
                                     tetangga kalian atau bahkan orang asing mengalami kesulitan?




                                                                         PKN SD 4 GANJIL             159
   25   26   27   28   29   30   31   32   33   34   35