Page 92 - 02_PKN_SMA_10
P. 92
Setelah mencermati kedua teks di atas, kalian dapat menuliskan perbedaan
kedua teks tersebut dalam isian tabel di bawah ini.
Tabel 6.2 Perbedaan kedua teks
No Perihal Teks 1 Teks 2
1 Bentuk Baris/larik Bait Paragraf/ Alinea
2 Pengaturan bunyi akhir Ada akhir bunyi -i ….
3 Bahasa …. ….
4 Makna …. ….
5 …. …. ….
6 …. ….
Sebagai kesimpulan setelah memahami perbedaan kedua teks, silakan cermati dan
jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!
1. Berdasarkan tabel perbedaan di atas, teks manakah yang disebut sebagai teks
puisi? Jelaskan alasan dan buktinya!
...............................................................................................................................
...............................................................................................................................
...............................................................................................................................
...............................................................................................................................
2. Berdasarkan pemahaman kalian sendiri, apa yang maksud dengan puisi?
Jelaskan beserta ciri-cirinya!
...............................................................................................................................
...............................................................................................................................
...............................................................................................................................
...............................................................................................................................
Bandingkan pengertian puisi yang telah kalian rumuskan dengan beberapa
sumber lainnya. Kalian bisa mencari berbagai definisi/pengertian puisi dari buku-buku di
perpustakaan atau melalui beberapa tautan di bawah ini.
a. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/puisi
b. https://id.wikipedia.org/wiki/Puisi#cite_note-1
BAHASA INDONESIA SMA X GENAP 339