Page 34 - 07_IPS_SMP_7_GANJIL
P. 34
stabil.
■ Pra-operasional (2-7 tahun)
Pada tahap ini anak sudah menguasai bahasa dan menggunakan kata-kata untuk
merepresentasikan objek dan gambar secara simbolis. Anak-anak berbicara bersama
tetapi tidak dengan satu sama lain dalam arti yang sama seperti orang dewasa.
■ Operasional konkret (7-11 tahun)
Pada fase ini, anak-anak telah memahami pengertian logis seperti hubungan sebab dan
akibat. Seorang anak pada tahap perkembangan ini akan mengenali alasan yang salah dan
mampu melaksanakan operasi hitungan matematika sederhana (mengalikan, membagi,
dan mengurangi).
■ Operasional formal (11-15 tahun)
Tahap ini merupakan tahap remaja. Selama masa remaja, anak yang beranjak dewasa
lebih mampu memahami ide-ide yang sangat rumit. Ketika dihadapkan pada suatu
masalah, anak-anak pada tahap ini mampu meninjau semua cara yang mungkin untuk
dilakukan dan melaluinya secara teoritis untuk mencapai solusi.
4. Nilai dan Norma
a. Definisi Nilai dan Norma
Nilai dapat dilihat sebagai sesuatu yang absolut, melekat pada objek, hadir dalam diri
manusia, dan identik dengan perilakunya. Franz mengemukakan, norma dapat dilihat
sebagai kumpulan perilaku verbal dan nonverbal.
Norma merupakan aturan atau cara yang diterapkan masyarakat agar sesuai dengan
nilai yang dianut oleh masyarakat setempat. Sebagai contoh, norma berpakaian atau etika
berpakaian akan sama dengan tata cara berpakaian. Seorang individu harus menyesuaikan
dengan nilai yang dianut masyarakat dalam berpakaian.
Norma diturunkan dari nilai-nilai sosial yang ada di masyarakat. Stolley menyatakan
bahwa masyarakat akan membutuhkan norma untuk memelihara tatanan sosial yang
stabil. Norma dapat berubah-ubah seiring berjalannya waktu, misalnya dahulu wanita
yang memakai celana dianggap melanggar norma tetapi saat ini merupakan hal yang
biasa.
b. Jenis-Jenis Nilai dan Norma
■ Jenis-Jenis Nilai
518 IPS SMP VII GANJIL