Page 33 - 07_IPS_SMP_7_GANJIL
P. 33
■ Kelompok Sepermainan
Gambar 1.13 Bermain bersama teman sepermainan Sumber:
Sasint/pixabay (2019)
Sosialisasi juga terjadi di antara kelompok sepermainan, baik teman sebaya
maupun tidak sebaya. Kelompok sepermainan dapat memengaruhi kebiasaan
belajar, selera musik, sudut pandang, dan bahkan gaya berpakaian. Agen sosialisasi
kelompok sepermainan merupakan bentuk dari sosialisasi sekunder.
■ Media Massa
Media massa adalah sarana komunikasi satu arah ke
masyarakat luas. Informasi yang disampaikan melalui
media dapat menyebar secara cepat dan luas ke seluruh
lapisan dan golongan masyarakat. Jenis media massa
dapat berupa televisi, surat kabar, majalah, film, radio,
dan media sosial digital lainnya. Individu akan
dihadapkan pada berbagai perilaku, ide, kepercayaan, dan Gambar 1.14 Acara televisi
menjadi salah satu tempat
nilai melalui media. Agen sosialisasi media massa
anak mendapatkan informasi
merupakan bentuk dari sosialisasi sekunder. dunia sosial Sumber: mojzagrebinfo/
pixabay (2018)
b. Proses Sosialisasi
Berdasarkan teori perkembangan kognitif Jean Piaget, proses
sosialisasi menekankan pada kemampuan anak untuk memahami dunia. Piaget
menjelaskan adanya perbedaan tahap anak-anak dalam belajar untuk berpikir tentang diri
mereka sendiri dan lingkungan mereka. Tahapan tersebut di antaranya:
■ Sensorimotor (0-2 tahun)
Sensorimotor merupakan tahap pertama bayi belajar terutama dengan menyentuh benda,
memanipulasinya, dan secara fisik menjelajahi lingkungannya. Pencapaian utama pada
tahap ini adalah pemahaman anak bahwa lingkungannya memiliki sifat yang berbeda dan
IPS SMP VII GANJIL 517