Page 33 - 07_IPS_SMP_7_GANJIL
P. 33

■  Kelompok Sepermainan



















                            Gambar 1.13 Bermain bersama teman sepermainan Sumber:
                            Sasint/pixabay (2019)
                        Sosialisasi  juga  terjadi  di  antara  kelompok  sepermainan,  baik  teman  sebaya

                        maupun  tidak  sebaya.  Kelompok  sepermainan  dapat  memengaruhi  kebiasaan
                        belajar, selera musik, sudut pandang, dan bahkan gaya berpakaian. Agen sosialisasi

                        kelompok sepermainan merupakan bentuk dari sosialisasi sekunder.
                  ■  Media Massa

                       Media  massa  adalah  sarana  komunikasi  satu  arah  ke
                       masyarakat  luas.  Informasi  yang  disampaikan  melalui

                       media dapat menyebar secara cepat dan luas ke seluruh

                       lapisan  dan  golongan  masyarakat.  Jenis  media  massa
                       dapat  berupa  televisi,  surat  kabar, majalah,  film,  radio,

                       dan  media  sosial  digital  lainnya.  Individu  akan
                       dihadapkan pada berbagai perilaku, ide, kepercayaan, dan   Gambar 1.14 Acara televisi
                                                                               menjadi salah satu tempat
                       nilai  melalui  media.  Agen  sosialisasi  media  massa
                                                                               anak mendapatkan informasi
                       merupakan bentuk dari sosialisasi sekunder.             dunia sosial Sumber: mojzagrebinfo/

                                                                               pixabay (2018)
                  b. Proses Sosialisasi
                  Berdasarkan teori perkembangan kognitif Jean Piaget, proses
                  sosialisasi  menekankan  pada  kemampuan  anak  untuk  memahami  dunia.  Piaget

                  menjelaskan adanya perbedaan tahap anak-anak dalam belajar untuk berpikir tentang diri
                  mereka sendiri dan lingkungan mereka. Tahapan tersebut di antaranya:

                  ■  Sensorimotor (0-2 tahun)
                  Sensorimotor merupakan tahap pertama bayi belajar terutama dengan menyentuh benda,

                  memanipulasinya, dan secara fisik menjelajahi lingkungannya. Pencapaian utama pada

                  tahap ini adalah pemahaman anak bahwa lingkungannya memiliki sifat yang berbeda dan



                                                                         IPS SMP VII GANJIL          517
   28   29   30   31   32   33   34   35   36   37   38