Page 59 - 07_IPS_SMP_7_GANJIL
P. 59

tetapi  juga  berdampak  pada  perekonomian,  termasuk  kegiatan  ekonomi  yang
                      berhubungan dengan pembelian barang atau jasa. Aktivitas masyarakat menjadi lebih

                      terbatas,  bahkan  aktivitas  berbelanja  juga  banyak  dilakukan  dari  rumah,  melalui
                      belanja online.

                         Peluang ini tidak disia-siakan oleh perusahaan e-commerce atau biasa disebut juga

                      online  shop.  Online  shop  berlomba-lomba  menawarkan  berbagai  kemudahan  dan
                      berbagai  promosi  menarik  pada  konsumen,  seperti  diskon,  cashback,  dan  bonus

                      pembelian. Berbagai promosi menarik yang ditawarkan dapat membuat kita selaku
                      konsumen menjadi “gelap mata” sehingga menjadi konsumtif, belanja berlebihan, di

                      luar batas kebutuhan. Godaan konsumtif makin besar karena di rumah kita memiliki

                      banyak waktu untuk membuka- buka situs belanja online, yang membuat kita makin
                      terpapar dengan berbagai program yang ditawarkan.

                         Seringkali orang-orang yang berperilaku konsumtif sampai harus terjebak utang
                      demi  menutupi  gaya  hidupnya,  harus  berurusan  dengan  pihak  penagih  hutang,

                      terjebak dalam gaya hidup materialistis dan hedonisme sehingga menghalalkan segala

                      cara untuk mendapatkan uang. Sebagai konsumen, tentunya kita harus lebih bijaksana
                      agar tidak terjebak dalam perilaku konsumtif. Jangan sampai ketika suatu saat virus

                      Corona  mereda,  muncullah  virus  baru  yang  bernama  virus  konsumtif.  Jadi,  mari
                      bekerja, belajar, beribadah, dan berbelanja bijaksana dari rumah.

                      Meike Kurniawati S.Psi, MM
                      Dosen Fakultas Psikologi Universitas Tarumanagara
                      Sumber:  https://money.kompas.com/read/2020/04/02/191400326/ancaman-perilaku-  konsumtif-di-
                      tengah-pandemi-corona?page=all#page2


                      Mengapa  perilaku  konsumtif  bisa  terjadi  di  tengah  Pandemi  COVID-19?  Agen

                      sosialisasi apa yang dapat memengaruhi perilaku konsumtif tersebut?





                  5.  Perhatikan bacaan berikut:

                                      Pelajar Bandung Deklarasi Anti-Nyontek di UN
                         Deklarasi  anti-nyontek  diperdengarkan  oleh  pelajar  SMA  se-Kota  Bandung  di

                      depan  Gedung  Sate  pada  Jumat  (13/4)  sore.  Meskipun  deklarasi  tersebut  sempat



                                                                         IPS SMP VII GANJIL          543
   54   55   56   57   58   59   60   61   62   63   64